Top 15 Mahluk Terajaib dan Teraneh

Posted: 26 Desember 2009 in Top 10 in the World

15. King Vulture

Vulture (Burung manyar) biasanya terlihat sbg burung yg bodoh, jelek, dan warnanya item. Namun, King Vulture, berwarna-warni lho. Bagian atas badannya warna putih, bagian bawahnya item, dan kepalanya berwarna mulai dari warna merah, oranye, kuning, ampe biru dan ungu. Dia juga punya pial di kepalanya. Uniknya, menurut mitologi Suku Maya, hewan ini membawa kiamat. Hahaha. Menurut Suku Maya, hewan ini merupakan pembawa pesan dari dewa2. Tidak jelas alasannya apa.

14. Japanese Spider Crab

Busettt, gede amat tu kepiting (apa ketam ya?)! Ya, hewan ini merupakan arthropoda terbesar yg pernah idup. Kakinya bisa mencapai panjang 4 meter (kamar kosan gua aja cuman 3 meter lebarnya  ) dan beratnya bisa 20 kg! Tunggu dulu.. Ga cuman itu. Hewan ini juga (katanya) bisa idup ratusan taun. Ckckck… Yang mau tau lebih dalem, maen2 ke sini aja

13. Sea Spiders

Hewan yg mirip laba2 ini hidup di kedalaman laut yg beragam. Karakteristiknya yg paling nyata selain habitatnya adalah kakinya yg gede bgt kalo dibandingin ama badannya. Liat aja, kakinya segede apa, badannya segede apa, hahaha… Mereka ga punya sistem pernapasan. Lalu, napasnya pake apa? Mereka bernapas melalui sistem difusi gt d. Spesies yg terbesar adalah spesies Colossendeis colossea.

12. Whip Scorpions (Thelyphonida)

Hewan mengerikan ini punya penjepit yg gede dan sebuah ‘cambuk’ di bagian akhir abdomen (perut)-nya. Mereka dapat menyemprotkan berbagai bahan kimia dari abdomennya, termasuk asam format (CH2O2), klorin, dan campuran asam asetat (C2H4O2) dan asam oktanoat (C8H16O2), tergantung spesiesnya. Wah, cocok nih atu keluarga buka toko kimia, hahaha…

11. Upside-down Catfish

Sesuai namanya, ikan ini sering ditemukan berenang kebalik. Apa ga pusing yaa? Mungkin mereka begitu biar mereka bisa ngambil makanan di permukaan aer, seperti telur serangga. Eh ternyata ikan ini populer sbg ikan hias lho.

10. Water Bears (Tardigrade)

Hewan ini terkenal bisa bertahan hidup dalam keadaan yg ekstrim: di tempat yg sangat panas (> 150 derajat Celcius), hingga tempat yg sangat dingin (~ 0 derajat Celcius); di tempat dengan tekanan dan radiasi tinggi; bahkan di tempat hampa udara .


9. Vampire Moth

Ga semua yang loe liat itu bener! Hah? Maksudnya? Ya, ga semua kupu2 dan ngengat makanannya nektar. Lalu? Ada yg minum darah! Ya, hewan ini menggunakan proboscis (belalai)nya untuk menyobek kulit targetnya dan menghisap darahnya! Bahkan, kadang mereka menggigit manusia! Untungnya, mereka ga bawa penyakit apa2, dan hanya jantan yg menggigit. Saingannya nyamuk neh! Wakakak…

8. Megalopyge Opercularis

Moth ini sangat berbulu, terutama pada saat jadi ulat. Katanya, moth ini mirip kucing persia pas jadi ulat. Mereka terlihat lucu sekali kan? Tapi, jgn sekali2 menyentuhnya! Ternyata bulu2 itu beracun gan! Wakakak. Menyentuhnya emg ga bikin mokat, tapi bisa bikin sakit bgt dan membuat beberapa ruam. Lucu2 berbahaya nih!

7. Giraffe Weevil

Weevil (kumbang penggerek) memiliki leher yg panjang dan langsing, mirip jerapah. Tapi, leher kaya gini cuman dimiliki sama sang jantan. Leher ini membantu mereka membuat sarang. Mirip alat berat apaa gt ya?

6. Dwarf Sperm Whale

Paus sperma itu paus bergigi terbesar, dapat menyelam di kedalaman yg luar biasa (ga tau ukuran luar biasanya semana), dan suka makan cumi2. Namun, spesies ini adalah spesies paus terkecil. Ukuran panjangnya ga segede manusia dewasa. Hewan ini dapat mengeluarkan zat kemerah2an untuk menghalau predatornya. Terjemahannya: Paus sperma kontet, hahaha..

5. Cnemidophorus Uniparens

Kadal ini mungkin aja terlihat normal dari luar. Tapi, apa yg bikin dia masuk di list ini? Hm… Salah satu spesies hewan ini, New Mexico Whiptail, hanya terdiri atas betina! Mereka mengalami Parthenogenesis, dimana dimungkinkan terjadinya fertilisasi tanpa bantuan jantan. Widih, les biola semua dong tuh kadal.

4. Andean Cock-of-the-rock

Spesies betina dari hewan ini normal2 aja, tapi jantannya punya kepala yg aneh: gede, terus ada tonjolan merah/oranye. Hewan ini adalah burung nasional negara Peru. Mo tau lebih banyak, maen2 aja ke sini.

3. Coconut Crab

Buset, apaan tuh di tong sampah?? Ternyata itu (lagi2) arthropoda darat yg paling besar (beratnya sekitar 4,1 kg). Hermit crab ini terkenal suka memanjat pohon kelapa (suka panjat pinang dong ). Ga seperti hermit crab lainnya, hanya yg masi remaja (yaelaa, remajaaa) yg menggunakan cangkang. Yg lebih tua biasanya make cangkang kelapa. Mereka memiliki banyak warna seperti biru dan oranye. Gosip2nya sih, mereka suka nyolong barang2 yg bersinar. Mao dijual bwt beli kelapa kali…

2. Hairy Frog

Kodok Afrika ini dapet nama kaya gt gara2 struktur mirip rambut yg ditemukan di sang jantan. Rambut2 itu dipake untuk meningkatkan kemampuan menyerap oksigen, soalnya si jantan menghabiskan banyak waktu untuk menjaga telornya. Fakta keren lainnya adalah mereka punya cakar yg terbuat dari tulang yg bisa dimasukin ke dalem (mirip Wolverine, tapi versi kodok ). Tapi… untuk mengeluarkan cakarnya, sang kodok harus mematahkan sebuah bongkol tulangnya. Aw!

1. Barreleye Fish

Ikan ini memiliki badan yg sebagian besar berwarna item dengan kepala yg transparan. Walaupun ada 2 tonjolan di kepalanya, itu bukan matanya. Matanya itu yg ijo2 tuh, yg ada di dalem kepala transparannya. Mata ini dipake bwt melihat ke atas (ngeliat makanan) atau untuk melihat ke depan (pas ngejer mangsa). Bwt yg mw tau lbh dalam, maen2 ke sini ajah.

Posted by: Kardoman Tumangger

Komentar
  1. Aziz mengatakan:

    wuiiih,,, keren bgt deh

  2. Adi Danang mengatakan:

    keren cuy, thanks buat pengetahuan barunya

  3. sapri89 mengatakan:

    Wiiiiiw…..wak waaaw

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s